scentivaid.com kementerianagamabimasislam.blogspot.com trandindo.blogspot.com mycapturer.com diyusyakonveksijakarta.blogspot.com tokokarikaturDesa Jrahi dan Giling, Kampung Moderasi
Desa Jrahi dan Giling, Kampung Moderasi di Lereng Gunung Muria

PatiKepala Seksi (Kasi) Bimas Islam Kabupaten Pati, Muhammad Alimin menyampaikan, Desa Jrahi dan Giling yang telah dinobatkan sebagai Kampung Moderasi Beragama (KMB) oleh Kementerian Agama merupakan daerah yang paling ikonik dan inspiratif dari sekian desa di Kabupaten Pati.

Hal itu disampaikannya kepada wartawan Bimas Islam, di Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal, Pati, Minggu (16/7/2023).

Kita lihat dari sekian variabel (kampungkampung) yang sudah disepakati, ternyata yang paling kuat, lengkap, ikonik, dan inspiratif itu ada di dua kampung, yaitu Jrahi dan Giling,” ujarnya.

Alimin mengatakan, sebelumnya, seluruh kecamatan di Kabupaten Pati telah membuat rintisan KMB.

Di 21 kecamatan di Kabupaten Pati, masingmasing diinstruksikan membuat rintisan KMB. Seluruh kecamatan sudah menetapkan rintisannya. Ketika rintisan ini kita nilai, dengan sejumlah kriteria yang ditentukan, maka Kabupaten Pati menetapkan dua KMB, yakni Desa Jrahi dan Desa Giling,” tuturnya.

Menurut Alimin, prinsipprinsip moderasi di dua kampung yang berlokasi di sekitar lereng anak Gunung Muria itu tercermin dari kebersamaan dan harmoni dalam keseharian mereka.

Masjid, Gereja, dan Wihara yang berdampingan menandakan bahwa toleransi telah terjaga.

Ba/Mr

Fotografer : Shandry F Nanere

Table of Contents

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *