scentivaid.com kementerianagamabimasislam.blogspot.com trandindo.blogspot.com diyusyakonveksijakarta.blogspot.com tokokarikaturblogspot.com
KUA Masa Depan, Pusat Layanan Semua Agama -
KUA Masa Depan, Pusat Layanan Semua Agama

Semarang, Mycapturer.com — Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Kemenag, Zainal Mustamin mengatakan, ke depan, Kantor Urusan Agama (KUA) akan memberi layanan bagi umat semua agama.

Hal itu disampaikannya kepada wartawan di sela kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2024 bertajuk ‘Transformasi Kementerian Agama Menuju Indonesia Emas 2045’ di Semarang, Selasa (6/2/2024).

“Kami akan menjadikan KUA sebagai kantor yang memberi layanan lintas agama,” ujarnya.

Zainal mencontohkan KUA Kintamani sebagai role model dalam memberi layanan lintas agama. “KUA Kintamani menjadi percontohan yang memberi ruang bagi setiap agama untuk melakukan bimbingan perkawinan bagi semua agama di wilayah tersebut,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, layanan lintas agama sedang dalam tahap inventarisasi untuk menentukan jenis layanan yang akan disediakan. “Kami tinggal menunggu persetujuan dari KemenPAN-RB berdasarkan revisi dari PMA Nomor 34 Tahun 2016,” sambungnya.

Zainal melanjutkan, akses masyarakat terhadap layanan keagamaan yang lebih efektif dan efisien harus diperkuat. “Inovasi tata kerja KUA ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua agama mendapatkan layanan keagamaan sesuai kebutuhan mereka, sekaligus menjadi komitmen pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan toleran terkait layanan keagamaan di masyarakat,” pungkasnya.

Wahyu Mho

Table of Contents

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *