Jakarta, My capturer.com — Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin mengungkapkan, pelaksanaan Bimbingan Perkawinan (Bimwin) ditargetkan mencapai angka 100 persen bagi calon pengantin di tahun 2024. 

“Tahun 2024, kita targetkan 100 persen calon pengantin mengikuti Bimwin. Ini tentu membutuhkan kerja sama yang erat antara pusat dan daerah,” ujarnya saat menyampaikan kegiatan Rakornas Bina Keluarga Sakinah di Jakarta, Senin (24/2/2024).

Ia menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam mencapai target tersebut. Kemenag Pusat akan terus memberi dukungan dan fasilitas, sedangkan daerah diharapkan dapat menindaklanjutinya dengan pelaksanaan Bimwin yang efektif dan berkualitas.

“Kolaborasi yang solid antara pusat dan daerah menjadi kunci utama dalam mewujudkan target 100 persen Bimwin. Bimwin ini merupakan program yang sangat strategis untuk ketahanan keluarga di Indonesia,” imbuhnya.

Selaras dengan itu Kasubdit Bina Keluarga Sakinah, Agus Suryo Suripto menjelaskan, Bimwin memiliki peran penting dalam mempersiapkan calon pengantin untuk membangun keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah. Melalui Bimwin, calon pengantin akan mendapat pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam membangun rumah tangga harmonis dan sejahtera.

“Bimwin membekali calon pengantin dengan berbagai materi, seperti komunikasi pernikahan, pengelolaan keuangan keluarga, kesehatan reproduksi, dan parenting,” papar Suryo.

Dengan tercapainya target 100% Bimwin, diharapkan angka pernikahan dini, stunting, dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dapat ditekan.

Msk/Mr – Fotografer Shandry

 

Table of Contents

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *