" " " " scentivaid.com kementerianagamabimasislam.blogspot.com trandindo.blogspot.com diyusyakonveksijakarta.blogspot.com tokokarikaturblogspot.com
Waspada! Indonesia Dilanda Cuaca Panas, Luhut- Kemungkinan El Nino

Baru-baru ini, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut cuaca panas atau El Nino “menyerang” Indonesia. Kemungkinan El Nino akan terjadi di Indonesia pada Agustus 2023.

Menurutnya, peristiwa itu terjadi pada 2015. El Nino berdampak negatif bagi Indonesia.

“Belajar dari pengalaman Indonesia tahun 2015, El Nino dapat menimbulkan dampak kekeringan yang meluas serta kebakaran hutan dan lahan di beberapa daerah,” kata Luhut dalam akun Instagram resminya, Rabu (26/4/2023).

Hal itu, kata dia, karena sekitar 41 persen sawah mengalami kekeringan ekstrem tahun ini. Menurut Program Pangan Dunia, tiga dari lima rumah tangga kehilangan pendapatan akibat kekeringan.

“Kami siap untuk ini bahkan dalam keadaan ekstrim,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Luhut meminta seluruh kementerian/lembaga yang terkait dengan pemkab untuk memulai persiapan tepat waktu dan mempertimbangkan pengaturan yang diperlukan agar pengalaman buruk 8 tahun lalu tidak terulang.

Luhut berharap Indonesia bisa mengembangkan teknologi modifikasi cuaca sebagai senjata menghadapi El Nino.

“Marilah kita semua waspada dan saling menjaga di masa sulit ini, agar bersama-sama kita dapat mengurangi kerusakan akibat perubahan iklim untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia, pungkasnya.”

Table of Contents

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *