Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo dan delegasi terbatas berangkat menuju ke Hannover, Jerman pada Sabtu, 15 April 2023. Salah satu agenda Presiden dan Ibu Iriana di Jerman adalah untuk menghadiri Hannover Messe tahun 2023 karena Indonesia menjadi negara mitra pameran tersebut.

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo dan delegasi terbatas berangkat menuju ke Hannover, Jerman, melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Provinsi Banten, pada Sabtu, 15 April 2023. Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr.

“Pagi hari ini, saya, Ibu Negara dan delegasi terbatas akan berangkat menuju ke Hannover di Jerman. Indonesia menjadi negara mitra di Hannover Messe tahun 2023 dan tema yang diusung Indonesia adalah Making Indonesia 4.0,” ujar Presiden Jokowi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Provinsi Banten, sebelum lepas landas.

 

Hannover Messe merupakan pameran industri terbesar di Eropa dan Indonesia adalah negara ASEAN pertama yang menjadi negara mitra resmi atau partner country.

“Saya akan secara resmi membuka Hannover Messe bersama Kanselir Jerman, Olaf Scholz,” lanjutnya.

Selain menghadiri Hannover Messe, Presiden juga dijadwalkan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Kanselir Jerman, Olaf Scholz, serta bertemu dengan beberapa pengusaha besar dari Jerman. Presiden menyebut bahwa Jerman merupakan salah satu mitra dagang penting bagi Indonesia di Eropa.

“Jerman adalah mitra dagang dan investasi penting di Eropa. Mitra dagang terbesar di antara negara Eropa dan investor terbesar ke-4 dari kawasan Eropa,” imbuhnya.

Presiden Joko Widodo dan rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menggunakan pesawat kepresidenan GIA-1 sekitar pukul 11.00 WIB. Presiden direncanakan tiba kembali di Tanah Air pada Selasa, 18 April 2023.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Jerman yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andi Rachmianto, Komandan Paspampres Rafael Granada Baay, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Tampak melepas keberangkatan Presiden di Bandara Soekarno-Hatta yaitu Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dan Pj. Gubernur Banten Al Muktabar.

Sumber : (BPMI Setpres)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *