Pemerintah Pusat Segera Bantu Perbaiki Ruas Jalan Rusak di Lampung

Pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan segera memperbaiki beberapa ruas jalan rusak di Provinsi Lampung. Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo dalam keterangan kepada media usai meninjau sejumlah ruas jalan rusak di Provinsi Lampung pada Jumat, 5 Mei 2023.

“Semangatnya kami ingin memperbaiki jalan-jalan yang kami lihat sebelumnya, baik jalan provinsi, maupun jalan kota, yang rusak berat,” ujar Ketua Jalan Seputih Ramanis, Kabupaten Lampung Tengah.

Menurut Presiden, masing-masing dinas jalan memiliki tanggung jawab masing-masing, yakni pemerintah pusat untuk jalan nasional, gubernur untuk jalan provinsi, dan pemerintah kota/wali kota untuk jalan kabupaten/kota. Namun,Presiden menjelaskan, perbaikan jalan di Provinsi Lampung akan diambil alih oleh pemerintah pusat. “Tapi itukarena sudah lama diambil alih oleh pemerintah pusat,” imbuhnya.

Menurut Presiden, pemerintah pusat akan menggelontorkan anggaran sekitar Rp 800 miliar ke Provinsi Lampung terutama tahun ini untuk memperbaiki infrastruktur jalan. Biaya itu sudah termasuk perbaikan 15 ruas jalan dan tahap konstruksi akan dimulai Juni setelah tender.

“Tadi saya lihat, perintahkan ke Menteri Pekerjaan Umum untuk dilelang, tapi kemudian ada juga beberapa ruas yang menjadi tanggung jawab gubernur, beberapa di antaranya menjadi tanggung jawab gubernur di sini. Tidak .semuanya dipusat,” jelasnya.

Kepala negara juga menjelaskan bahwa ada permasalahan serupa yang memerlukan bantuan pemerintah pusat di beberapa provinsi lain. Menurutnya, melayani masyarakat, termasuk penyiapan infrastruktur jalan yang baik, merupakan tugas pemerintah negara bagian, kabupaten, dan kabupaten.

“Tugas pemerintah negara, pemerintah kabupaten, pemerintah kabupaten/kota adalah memberikan pelayanan, termasuk perbaikan jalan, karena menyangkut pergerakan barang dan orang, dan juga menyangkut biaya logistik, biaya logistik. Biaya logistik akibat kerusakan “Jalannya tinggi, produknya kalah bersaing,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meninjau langsung sejumlah ruas jalan rusak di Provinsi Lampung dengan kendaraan kepresidenan. Ruas jalan pertama yang diperiksa presiden adalah Jalan Kanal Ryacudu di Kabupaten Lampung Selatan. Selain itu, Presiden juga meninjau Jalan Seputih Raman, Jalan Seputih Banyak, Jalan Simpang Randu.

Jalan yang dilihat presiden hari ini berbeda dari yang direncanakan sebelumnya. Bahkan, beberapa wartawan harus berpindah dari jalur pertama ke jalur terbaru.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi juga ikut meninjau bersama Presiden Jokowi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *